Vitamin Kehamilan Paling Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Related image

Manusia adalah makhluk yang membutuhkan nutrisi agar metabolisme tubuh terjaga, tentu hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil haruslah tercukupi karena janin yang ada di dalamnya memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tetap sehat di dalam. Sepenting itukah? Iya. Namun masalahnya masih banyak calon-calon ibu yang belum mengetahui pentingnya vitamin kehamilan ini.

Ahli kesehatan dan dokter mengatakan bahwa mengonsumsi makanan sehat adalah cara yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama hamil. Namun tetap saja, tubuh ibu hamil juga dapat mengalami kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh calon bayi anda Bunda. Oleh karena itulah pemenuhan nutrisi berupa vitamin maupun suplemen sangat diperlukan untuk memastikan bahwa calon bayi benar-benar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Lalu apa saja nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil?

Vitamin Kehamilan Paling Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Suplemen bagi bumil haruslah mengandung banyak vitamin dan mineral, serta berbagai kandungan lain yang juga diperlukan seperti asam folat, vitamin D, kalsium dan zat besi. Masing-masing punya manfaatnya sendiri-sendiri bagi tubuh Bunda dan si janin ya.

  1. Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi, dalam istilah medis disebut NTD atau neural tube defect. NTD ini mulai berkembang sejak 28 hari pertama setelah pembuahan yang pada saat-saat inilah wanita belum tahu tentang kehamilan mereka. Jadi penting pada masa-masa ini untuk mengkonsumsi 400-800 mikrogram asam folat setiap hari sampai usia 3 bulan kehamilan.

Bagaimana bisa mendapatkan asam folat? Makanan-makanan seperti sayuran hijau, gandum dan kacang-kacangan sangat banyak mengandung asam folat. Namun suplemen asam folat tentu lebih mudah diserap oleh tubuh ibu hamil, jadi lebih baik tetap mengkonsimsi suplemen ini ya.

  1. Vitamin D dan Kalsium

Ibu hamil dan menyusui disarankan mengkonsumsi 10 mikrogram vitamin D dan 1000 mg kalsium setiap harinya. Selama masa kehamilan, bumil haruslah membutuhkan 2 kandungan ini dengan cukup banyak untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Apabila kekurangan, maka si anak akan rentan mengalami abnormal pada tulangnya.

Bagaimana mendapatkan 2 kandungan ini? Kalsium dengan mudah ditemukan pada makanan tahu, tempe, yoghurt, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Untuk vitamin D banyak ditemukan pada ikan, telur dan daging.

  1. Zat Besi

Zat besi berguna untuk mencegah anemia, sehingga bunda tidak akan mudah mengalami lelah, pusing dan pucat. Zat besi ini haruslah cukup bagi bumil karena digunakan untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke si bayi. Jika kekurangan zat besi, maka meningkatkan potensi si Kecil lahir prematur, maupun setelah lahir mengalami anemia lebih tinggi lho Bun.

Nah, soal suplemen, berikut adalah suplemen yang dibutuhkan selama masa kehamilan yang sebaiknya bunda konsumsi ya..

  • 400 unit vitamin D
  • 250 miligram kalsium
  • 400-800 mikrogram asam folat
  • 30 miligram zat besi
  • 2 miligram tembaga
  • 2 miligram vitamin B6
  • 15 miligram zinc
  • 50 miligram vitamin C

Itulah pembahasan tentang vitamin kehamilan yang wajib dipernuhi selama masa kehamilan ya Bun. Segala hal yang berkaitan dengan kehamilan, bunda dan si Kecil akan lebih baik bila dikonsultasikan dengan dokter kandungan Bunda. Jadi, semoga artikel ini bermanfaat bagi Bunda dan calon si Kecil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *