Rahasiaku Tenang Menghadapi UNBK

Walaupun Ujian Nasional telah dilaksanakan setiap tahunnya, tetapi mengapa sih kita tetap saja panik dan takut? Hal tersebut adalah wajar karena Ujian Nasional merupakan ujian yang dilakukan secara serentak se-Indonesia dan hasilnya akan menentukan siswa tersebut dapat memasuki ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Saya pun dulu juga begitu, selalu panik dan takut apalagi detik-detik menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. Yah siapa yang tidak takut? diterima tidaknya kita di jenjang pendidikan selanjutnya ditentukan oleh Ujian Nasional yang dilaksanakan hanya 4 (empat) hari, bro. Ditambah lagi sistemnya pun sudah tidak menggunakan kertas, sehingga membuat kita panik karena membayangkan takut akan terjadinya kesalahan-kesalahan yang tidak disengaja oleh diri kita sendiri. Nah, gimana sih caranya agar kita lebih siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer? Jangan dianggap sepele, loh. Yuk simak lebih lanjut supaya pengerjaan UNBK tenang, aman dan lancar!

3 Kebiasaan umum yang sering dilakukan siswa ketika akan menghadapi UNBK

  1. Menganggap remeh dan sepele Tryout Ujian Nasional

Bro, sist, walaupun Ujian Nasional tidak menentukan kelulusan kalian di sekolah bukan berarti kalian menganggap remeh Ujian Nasional. Hasil dari Ujian Nasional juga penting sebagai syarat untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Tryout tentu sangat membantu kita untuk memahami dan menguasai materi yang dapat menjadi prediksi ketik Ujian Nasional nanti.

  1. Tidak ada persiapan jauh-jauh hari

”Tapi ‘kan masih lama Ujian Nasionalnya, kak. Nanti saja lah persiapannya. Mau menikmati masa-masa sekolah dulu sebelum ujian”. Hello, bro sist, kita tahu bahwa tingkat kesulitan Ujian Nasional tidak sesulit Olimpiade Matematika, Sains. Tetapi apabila kita mempersiapkan jauh-jauh hari akan terasa lebih ringan ketika menghadapi Ujian Nasional nantinya. Jadi, jangan membiasakan diri untuk menumpuk beban di akhir ya, tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik kalian, loh.

  1. Melakukan setelah diperintah

Siapa disini yang masih menunggu teriakan orang tuanya? Come on, bro. Orangtua kita sudah memikul beban biaya sekolah kita dan segalanya, jadi jangan ditambah lagi mereka dengan tugas mengontrol kita setiap harinya agar belajar mempersiapkan Ujian Nasional.

Nah, jadi apakah kalian sudah menyadari kebiasaan-kebiasaan tersebut? Walaupun sepele namun kebiasaan tersebut dapat membuat mindset kita menganggap hal tersebut adalah wajar dan biasa, sehingga seiringnya waktu mendekati Ujian Nasional baru lah kita sadar dan panik bahwa tidak ada persiapan apapun yang disiapkan. Kalian tidak perlu khawatir, sebelum kebiasaan tersebut menguasai dan mengambil alih diri kalian, saya akan berbagi rahasia kecil saya dalam menghadapi persiapan UNBK mulai dari UNBK simulasi hingga terlaksananya Ujian Nasional yang sesungguhnya.

  1. Memahami Kisi-Kisi UNBK

Bersyukurlah kita masih diberikan kisi-kisi materi UNBK oleh pemerintah. Daripada kalian pusing harus mempelajari semua materi dari kelas satu hingga kelas tiga SMP atau SMA, gunakan lah kisi-kisi Soal UN tahun lalu yang dapat kalian gunakan sebagai panduan belajar agar belajarmu lebih efektif.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Rahasia keduaku adalah memperbanyak latihan soal. Dengan banyaknya soalnya yang kalian kerjakan tentu akan mengasah kemampuan kalian dalam menganalisis dan memahami setiap bentuk soal UNBK. Jangan hanya terpaku dengan latihan soal yang telah diberikan oleh guru maupun dari buku yang kalian beli. Carilah bentuk soal lainnya yang dapat kalian akses melalui website atau aplikasi latihan soal UNBK.

  1. Temukan Strategi dan Gaya Belajarmu

Setiap orang memiliki strategi dan gaya belajar yang berbeda-beda. Apakah kalian lebih nyaman belajar di tempat yang sunyi, atau kah justru lebih nyaman belajar ramai-ramai? Cari lah gaya belajar kalian yang nyaman dan buat strategi belajar-mu agar lebih konsentrasi dan efektif sesuai dengan kapasitas otak kalian terhadap materi yang dipelajari. Kalian juga dapat menerapkan strategi belajar seperti membuat rangkuman, membuat kelompok belajar, atau membuat target belajar mandiri secara teratur.

  1. Kurangi Rasa Panik dan Perbanyak Berdoa

Bagiku, doa merupakan kunci dari semua usaha yang telah kita lakukan. Doa tanpa usaha merupakan suatu angan-angan, usaha tanpa doa pun merupakan suatu kesia-siaan. Berdoa lah kepada tuhan agar usaha kita dapat membawakan hasil yang maksimal.

  1. Ikuti Setiap UNBK Simulasi dan UNBK Tryout dengan Sungguh-Sungguh

Setiap sekolah akan memberikan UNBK Simulasi dan Tryout kepada setiap siswanya sebelum menghadapi Ujian Nasional yang sesungguhnya. Selain bermanfaat bagi sekolah sekolah karena dapat mengetahui perkembangan dan kesiapan setiap anak didiknya, dengan adanya UNBK Simulasi dan Tryout kalian dapat mengukur dan menambah kemampuan kalian sendiri. ingat lah untuk bersungguh-sungguh mengikuti setiap UNBK Simulasi maupun Tryout agar hasil dan persiapan kalian menuju UNBK menjadi maksimal.

  1. Gunakan Alternatif Belajar yang Solutif

Pada umumnya, ketika menjelang Ujian Nasional kita baru kepikiran untuk mengikuti les privat atau bimbingan belajar ke lembaga-lembaga yang membuka program khusus. Namun apabila ketika kalian menemukan soal yang sulit dan tidak tahu lagi harus bertanya ke siapa karena kita juga tidak mungkin harus menunggu jadwal les privat untuk bertemu dan menanyakan solusi permasalahan soal tersebut kepada pengajar. Manfaatkan lah teknologi yang ada saat ini, kalian bisa mengakses dan mencoba untuk belajar UN secara online untuk mendapatkan solusi dari permasalahan soal kalian. Dengan begitu cara ini akan membuat belajar kalian lebih efektif.

Eh, tapi masih ada sedikit rahasiaku yang belum kalian ketahui, loh. Semua rahasia tersebut saya lakukan dengan begitu yakin dan tepat berkat adanya aplikasi Ruangguru. Kok bisa, sih? Bisa dong, dengan adanya bantuan aplikasi Ruangguru kalian tidak perlu lagi merasa takut dan bingung terkait dengan semua permasalahan belajar yang kalian hadapi. Kalian bisa bertanya secara online kepada guru Ruangguru mengenai solusi dari soal kalian. Dan caranya pun sangat mudah, kalian tinggal upload foto soal dan langsung bisa berkonsultasi, deh! Masih ragu? Tenang saja, buang rasa khawatirmu yang berlebihan itu. Lakukan saja rahasia kecilku ini dan segera daftarkan diri kalian di aplikasi Ruangguru. Dengan begitu kalian dapat menghadapi UNBK dengan siap, tenang, aman dan lancar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *