Rahasia dan Kunci Sukses dari Howard Schultz

Beberapa kalimat di atas adalah sebagian kecil dari sindiran dan penolakan yang diterima oleh Howard Schultz. Sebelum menerapkan konsep penjualan Starbucks, ia dianggap gila oleh 217 orang. Apa rahasia kesuksesan seorang pengusaha dari Amerika Serikat di kedai kopinya dengan waralaba global? Untuk mengetahuinya, Anda juga perlu memahami naik turunnya proses mempertahankan bisnis kopi ini.

Waktu yang sulit bagi Howard Schultz
Howard lahir pada tahun 1953 dan dibesarkan di Bay View Housing yang terkenal di New York. Ibunya bekerja sebagai resepsionis dan ayahnya adalah karyawan lepas. Ketika ia berusia 7 tahun, ayahnya kehilangan pekerjaan sebagai sopir popok setelah pergelangan kakinya patah. Lebih buruk lagi, ayah Howard tidak punya uang atau asuransi untuk perawatan. Howard muda bermimpi menjadi orang hebat. Dia berjuang untuk menjadi seorang atlet ketika dia masih di sekolah menengah. Dia juga menerima beasiswa atletik di University of Northern Michigan.

Setelah lulus dengan gelar dalam bisnis, Howard segera bekerja di departemen penjualan dan pemasaran Xerox Corp. Diketahui bahwa karyawan Xerox pandai menjual dan memiliki sistem penjualan yang baik. Pada usia 26, Howard memutuskan untuk mengundurkan diri dari Xerox. Dia kemudian bekerja di perusahaan perabot rumah Perstorp AB dari Swedia. Meroket, ia diperkirakan akan memegang posisi wakil presiden dan manajer situs Hammerplast AS.

Percayai sebagai manajer pemasaran untuk kedai kopi kecil
Di Hammerplast, Howard menemukan perusahaan kecil di Starbucks di Seattle. Starbucks didirikan pada tahun 1971 dan hanya memiliki satu outlet di dekat Pasar Seattle Pike Street yang terkenal. Starbucks menjual berbagai biji kopi yang baru dipanggang, teh, rempah-rempah dan berbagai aksesoris untuk mesin kopi. Pemilik Starbucks pada saat itu adalah Gerald Baldwin dan Gordon Bowker dan mengundang Howard untuk menghadiri kedai kopinya. Pada tahun 1982, Howard memiliki saham, kepala pemasaran dan ritel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *