PEDAGANG KAKI LIMA DAN PENYEBABNYA

 

PKL atau biasa disebut dengan Pedagang Kaki Lima adalah dampak dari semakin sempitnya lapangan pekerjaan dalam sektor formal di masyarakat sehingga beralih ke sektor informal untuk tetap bisa melangsungkan hidupnya. McGee mengungkapkan bahwa PKL memiliki arti yang sama dengan “hawkers”, dimana sebagian orang menjual barang ataupun jasa di tempat yang termasuk dalam ruang terbuka bagi kepentingan umum, utamanya di pinggir jalan maupun trotoar. Sektor informal merupakan salah satu kegiatan yang berskala kecil. Masyarakat yang termasuk kedalam sektor informal biasanya memiliki pendidikan dan keterampilan yang kurang serta biasanya juga para pedagang. Tentunya ada faktor-faktor yang menyebabkan adanya pedagang kaki lima ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan mengenai ruang tata kota yang hanya memikirkan ruang formal saja yang hanya mampu menampung hanya kegiatan formal. Tidak bisa dihindari bahwa, ketika terdapat ruang-ruang formal di suatu daerah pastinya mendorong munculnya kegiatan informal di sekitar kawasan tersebut, salah satunya yaitu Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai suatu kegiatan pendukung yang ada di daerah tersebut.
  2. Krisis ekonomi yang sedang di hadapi merupakan salah satu dampak dari banyaknya perusahaan yang tidak beroperasi seperti biasanya dikarenakan ketidakmampuannya dalam menutupi biaya operasional sehingga terjadilah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Oleh karena itu jmlah pengangguran akan semakin meningkat. Dan untuk tetap bisa melangsungkan hidupnya, orang-orang yang terkena PHK ataupun yang tidak dapat tertampung dalam sekto formal akan masuk kedalam sektor lain yaitu, salah satunya menjadi Pedagang Kaki Lima (PKL).
  3. Peningkatan pertumbuhan penduduk di perkotaan disebabkan badanya arus urbanisasi. Kondisi seperti ini yang menjadikan minimnya lapangan pekerjaan di perkotaan. Dan sektor formalpun tidak mampu untuk menampung seluruhnya. Oleh karena itu berdampak pada percepatan pertumbuhan sektor informal yang salah satunya adalah Pedagang Kaki Lima (PKL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *