Nutrisi Perkembangan Janin Saat Ibu Hamil

Kebutuhan gizi ibu hamil sebetulnya harus dipenuhi sepanjang tiga trimester. Untuk itu, Anda harus mengikuti makanan yang dikonsumsi sehari-hari pas hamil. Ketika hamil, asupan makanan harus dijaga bersama baik. Meskipun begitu banyak makanan enak yang mendambakan kamu lahap, Anda tetap harus mengikuti kandungannya khususnya dahulu. Mengingat, keperluan gizi ibu hamil harus terpenuhi bersama baik di tiap tiap trimester. Untuk memudahkan Anda dalam berencana makanan nutrisi perkembangan janin, ini pembagiannya di tiap trimester. Di trimester pertama ini, Anda harus memberi tambahan makanan yang kaya dapat asam folat, vitamin B6, dan zat besi yang baik untuk mengembangkan proses saraf bayi Anda. Makanan kaya asam folat juga bisa menolong meredakan mual.

Di trimester ini, wanita hamil memerlukan kurang lebih 600 mikrogram folat tiap tiap hari untuk kurangi risiko bayi tumbuh bersama cacat tabung saraf. Biasanya, Anda tetap harus mengonsumsi suplemen asam folat, walaupun telah mengonsumsi banyak makanan yang kaya folat. Sebaiknya, konsultasikan bersama dokter persentase Anda sebelu pilih suplemen folat ya, Bun. Dokter dapat menganjurkan tipe suplemen sesuai bersama yang diperlukan tubuh Anda. Selama trimester kedua, perlu mengonsumsi makanan kaya dapat kalsium dan Vitamin D, yang menolong perkembangan tulang dan gigi yang kuat bagi bayi Anda. Anda juga memerlukan makanan yang memiliki kandungan magnesium dan omega-3, yang amat perlu untuk nutrisi perkembangan janin dan otak bayi di dalam kandungan.

Kebutuhan gizi ibu hamil di trimester ketiga termasuk hidangan yang tingkatkan energi dan makanan yang memiliki kandungan vitamin K, yang dapat menolong pembekuan darah. Vitamin K adalah vitamin perlu diperlukan untuk persalinan dan menyusui. Asupan besi juga menolong mencegah berat lahir rendah dan kelahiran prematur. Seng menolong dalam memproduksi enzim dan insulin. Konsumsi makanan bersama nutrisi perkembangan janin tidak hanya mencegah Anda berasal dari pengaruh samping tertentu, tapi juga tingkatkan kekebalan tubuh Anda dan memperlambat pergantian mood, sehingga kehamilan tetap sehat dan bahagia.

Sebaiknya, berkonsultasi bersama dokter atau praktisi kebugaran Anda sebelum memulai program diet atau pilih nutrisi perkembangan janin. Ibu hamil sebaiknya menjauhi rokok dan alkohol. Konsumsi alkohol menyebabkan retardasi pertumbuhan janin dan kecacatan. Merokok menyebabkan bayi bisa terlahir bersama berat badan rendah. Penting pula untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran dokter, dikarenakan obat-obatan tertentu bisa menuju peredaran darah bayi lewat plasenta. Hal selanjutnya menyebabkan problem pertumbuhan, pertumbuhan saraf, problem belajar, apalagi bisa menyebabkan kematian janin.1,2,5,6

Selain sumber makanan dari hewan dan non hewani, peningkatan keperluan dapat mikro nutrient selama kehamilan menyebabkan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral kadang kala diperlukan untuk mencapai nutrisi perkembangan janin yang mencukupi keperluan ibu hamil. Sumber paling baik untuk mendapatkan seluruh nutrisi kala hamil adalah lewat mengonsumsi makanan keseharian. Namun, kecuali dirasakan kurang, suplementasi bisa diberikan. Sebelum mengonsumsi suplemen, tersedia baiknya ibu hamil berkonsultasi khususnya dahulu kepada dokter. Konsumsi suplemen sebaiknya bersama bersama air putih maupun jus buah. Konsumsi suplemen bersama susu, teh, atau kopi, bisa mengganggu penyerapan suplemen didalam tubuh. Pada masa awal kehamilan, keluhan mual dan rasa terbakar pada dada mungkin disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan naiknya asam lambung.1 Dengan memahami berbagai perubahan yang dapat terjadi pada masa awal kehamilan serta cara untuk mengatasinya, diharapkan dapat mendukung asupan gizi dapat tetap terjaga bagi ibu dan janin yang dikandungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *