Khasiat Buah Mengkudu, Turunkan Kadar Kolesterol dan Darah Tinggi

Sudah sejak lama buah mengkudu menarik perhatian peneliti karena beragam manfaat yang mampu diberikannya. Buah khas Asia Tenggara ini memiliki permukaan berbintik dengan bau yang sedikit menyengat. Kandungan mineral serta berbagai zat aktif di dalamnya mampu membuat  khasiat buah mengkudu ini dicari banyak orang.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol bisa terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas berolahraga. Jika kadar kolesterol ini tinggi, maka bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi buah mengkudu.

Buah ini akan bekerja dengan cara meningkatkankadar lipoprotein di dalam tubuh. Lipoten ini merupakan bentuk koleksterol baik yang akan mengalahkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Senyawa zat fitonutrien di dalam buah mengkudu sangat berguna untuk memperlebar pembuluh darah agar tekanan darah cepat stabil. Hal ini menyebabkan jantung tidak lagi berpacu dengan keras sehingga tekanan yang ditimbulkan kembali normal.

Anti Alergi dan Peradangan

Khasiat buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk mngatasi gangguan alergi atau pun peradangan di dalam tubuh. Kandungan senyawa scopoletin didalamnya mampu mengurangi reaksi alergi yang ditimbulkan akibat suatu benda atau makanan.

Sementara itu kandungan anti-inflamasi pada buah ini sangat bermanfaat untuk mengurangi efek peradangan yang terjadi di luar maupun di dalam tubuh. Seperti radang tenggorokan, efek kemerahan pada wajah karena jerawat, kulit kemerahan karena terkena sinar matahari atau bahkan luka bakar.

Obat Analgesik

Buah yang satu ini juga dikenal sebagai seumber analgesik yang sangat berguna untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala terus menerus, sakit pada otot syaraf atau nyeri sendi yang disebabkan karena beranya aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Meningkatkan Imun

Kebanyakan penyakit yang menyerang tubuh timbul karena ketidakmampuan tubuh dalam menangkal virus serta bakteri jahat yang menyerang. Hal ini berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh seseorang.

Ketika tubuh dalamkondisi lelah dan tertekan maka kemungkinan sistem imun menurun kinerjanya sangat besar. Oleh karena itu mengonsumsi buah mengkudu bisa menjadi satu jalan keluar yang baik. Buah khas Asia Tenggara ini akan bekerja dengan cara merangsang respon sel kekebalan tubuh sehingga cara kerja sistem tersebut tidak akan menurun.

Menyehatkan Kulit

Di samping itu buah mengkudu juga bermanfaat untuk membuat kulit tetap terjaga kesehatannya. Kandungan asam lemak esensial pada buah ini dapat memperbaiki fungsi membrane sel yang berfungsi menjaga kulit. Sel kulit juga akan lebih mudah menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Khasiat buah mengkudu ini selain bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat hingga rambut rontok. Itulah informasi seputar buah mengkudu beserta manfaatnya, jika Anda ingin mendapatkan informasi menarik lainnya silakan kunjungi orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *