Karya Seni Dalam Cetak Baju

Salah satu hal untuk anda ketahui mengenai seni kriya cetak baju saring “Sablon” yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tahapan dan cara kerjanya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini. Sablon merupakan salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar “Screen” dengan kerapatan tertentu dan biasanya berbahan dasar Nylon atau sutra. Bida dipastikan para jasa cetak baju tentu tahu kelebihan dari tinta plastisol yang digunakan dalam penyablonan t-shirts adalah bahwa tinta jenis ini tidak akan mengering, bahkan bila anda meninggalkannya diatas screen dalam jangka waktu yang lama, karena memang tinta jenis ini membutuhkan proses curing untuk mengeringkannya.

Screen diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya. Kain tersebut direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. selanjutnya proses fotoresis dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian yang dapat dilalui tinta dan tidak. Proses intinya ialah dengan menuangkan tinta diatas layar dan lalu disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Sablon merupakan sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan dengan bentuk yang kita kehendaki. Mencetak dengan menggunakan metode printing baju sangat diperlukan untuk pencetakan dalam media yang tidak memungkinkan dilakukan Mesin Digital Offset.

Pada saat ini alat cetak baju yang dapat bekerja otomatis juga telah banyak dipakai saat ini, namun walaupun demikian cetak sablon secara manual tentunya masih banyak dilakukan dengan pertimbangan biaya lebih murah, misalkan Sablon kain untuk sepanduk dan pakaian, kaos, souvenir, sablon pada media plastik dan sebagainya. Pada artikel kali ini mengulas hal-hal penting dan mendasar mengenai cara dan teknik pencetakan sablon yang dilakukan secara manual salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar “Screen” dengan kerapatan tertentu dan biasanya berbahan dasar Nylon atau sutra. Cairan tersebut jika sudah dioleskan dan dikeringkan pada permukaan screen tidak boleh terkena sinar matahari dipoleskan dan dikeringkan pada ruangan yang gelap/pada ruangan tanpa kena cahaya langsung ultra violet. Dilanjutkan dengan proses “Penyinaran” pada Sinar matahari atau dibawah sinar yang mengandung ultraviolet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *