Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Anak- anak terutama bayi, rentan sekali terkena penyakit. Tubuhnya masih sensitif dan gampang terpapar virus dan bakteri. Hal tersebut disebabkan karena sistem imun pada bayi belum berkembang dengan sempurna. Jika bayi Anda terserang penyakit tentu Anda akan merasa sedih. Maka dari itu Anda harus memahami cara menjaga kesehatan bayi sejak hari pertama ia dilahirkan.

Imunisasi

Imunisasi pada bayi sangatlah penting. Imunisasi ini berfungsi untuk membantu sistem imun bayi agar bisa berkembang dengan baik. Ikutilah tahapan imunisasi bayi sesuai anjuran dokter. Jangan sampai ada yang terlewat. Bayi yang baru lahir biasanya langsung mendapatkan imunisasi hepatitis B. Jika Anda melakukan persalinan di rumah sakit, maka bayi yang belum mendapatkan imunisasi ini tidak boleh pulang.

Tidak boleh mencium

Walaupun tangan Anda bersih, belum temtu mulut Anda juga bersih. Mulut bisa menjadi perantara menularnya berbagai jenis penyakit. Maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak sembarang mencium bayi orang terutama saat flu. Apabila sudah terlanjur, maka jangan lupa siapkan Obat pilek untuk bayi yang aman.

 

 Cuci Tangan

Ketika Anda telah selesai berkegiatan atau berpergian, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda. Selain penting untuk kesehatan Anda sendiri, namun hal ini juga penting dilakukan sebelum Anda memegang bayi. Karena Anda tidak pernah tahu virus dan bakteri apa yang bisa Anda bawa dari hasil berkegiatan di luar.

Diperbolehkan menyentuh kaki bayi saja

Untuk menghindari penularan penyakit, maka sebaiknya Anda mengatakan dengan cara yang sesopan mungkin pada tamu bila mereka datang menjenguk bayi. Katakan bahwa mereka hanya boleh menyentuh kaki bayi saja, tidak diperbolehkan untuk menyentuh wajah dan tangan bayi.

Selalu sedia hand sanitizer

Siapkan selau hand sanitizer di tas Anda bila berpergian dengan bayi agar ketika Anda akan bersentuhan dengan bayi Anda tidak usah kebingungan mencari wastafel. Berlakukan juga di rumah untuk penjenguk agar menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu sebelum memegang bayi.

Jauhkan dari benda berbahaya

Simpanlah barang-barang berbahaya jauh dari jangkauan bayi. Barang berbahaya ini misalnya korek api. Jika suatu saat anak Anda terkena luka bakar, Anda dapat menanggulanginya dengan cara seperti tertulis disini https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *