Cara Menghilangkan Gula Darah Tinggi

Tahukah kamu tubuh manusia memerlukan glukosa untuk mengubahnya menjadi energi? Setiap gerakan pada tubuh, setiap organ yang menjalankan aktivitasnya memerlukan energi yang berasal dari glukosa. Tapi bagaimana jika kandungan glukosa dalam tubuh mencapai batas normal? Pastinya akan menimbulkan masalah. Lalu bagaimana cara menghilangkan gula darah tinggi pada tubuh

Menurut hellosehat.com gula darah tinggi adalah kondisi tubuh yang memilki kelebihan glukosa yang tidak diolah oleh organ tubuh secara baik. Pankreas yang seharusnya menyerap glukosa dan memasukkannya kedalah sel tidak mampu melakukan sebagaimana mestinya karena kebutuhan akan insulin yang banyak sehingga harus bekerja ekstra. Akibatnya pengkreas tidak bisa memenuhi kebutuhan dan menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Hormon insulin yang harusnya bgertugas mengubah glukosa menjadi energi berjumlah sangat sedikit akibat dari ketidakfungsian pankreas. Sehingga terjadi penumpukan glukosa dlam tubuh. Penumpukan glukosa ini yang akhirnya penyebakan gula darah tinggi atau disebut juga dengan nama diabetes. 

Untuk penderita gula darah tinggi atau diabetes tentu memerlukan cara-cara menghilangkan gula darah tinggi atau mengurangi dan mengendalikan gejalanya supaya tidak tambah parah. Namun sebelum itu kamu harus tahu apa saja tanda-tanda yang dimunculkan pada tubuh yang terserang penyakit gula darah tinggi. Tubuh yang menderita kelebihan gula darah akan sering merasakan haus yang teramat sangat, sering buang air kecil apalagi di malam hari, sering merasa lapar, mengalami penurunan berat badan secara drastis, badan terasa lemas dan kurang bersemangat, pandangan menjadi buram, sering merasakan kesemutan atau mati rasa pada kaki atau tangan, merasakan gatal di daerah selangkangan atau genital dan muncul warna hitam di daerah tersebut, rentan terhadap infeksi terutama di daerah gusi, mulut, kulit dan area genital. 

Lalu apa yang menyebabkan tubuh bisa kelebihan gula darah? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gula darah menumpuk dalam tubuh yaitu 

  • Obesitas. Banyaknya kandungan lemak daam tubuh akan mempengaruhi jumlah insulun pada tubuh. Cenderung jumlah insulin akan berkurang, akibatnya tubuh tidak mampu menyerap gula dan terjadilah menumpukan. 
  • Genetik. Genetik memamng memberikan sumbangan pada tubuh baik itu dalam bentuk hal positif maupun negatif. jika mempunyai keluarga dengan penderita gula darah tinggi resiko keturunan generasi selanjutnya akan bertambah dua atau tiga kali lebih besar. 

Bagi penderita gula darah tinggi ada beberapa cara yang hal yang dilakukan untuk menghilangkan gula darah tinggi  menurut alodokter.com seperti :

  1. Pola hidup yang sehat. Tubuh yang sehat akan terhindar dari segala bentuk penyakit, baik penyakit fisik maupun emosional (mental). Penderita diabetes perlu memprhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Mereka perlu memperhatikan kadar gula, dan garam yang masuk ke dalam tubuh. Jumlahnya harus seimbang sesuai yang diperlukan tubuh.
  2. Olahraga yang teratur. Selain memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga harus diimbangi dengan olahraga teratur. Percuma jika kita hanya memperhatikan pola makan namun tidak memanfaatkan energi dengan semestinya. Aktivitas yang menyebabkan tubuh kurang bergerak sementara asupan makanan tetap masuk, walaupun kadar insulin kuantitasnya memenuhi kebutuhan pun kamu tetap beresiko terserang gula darah tinggi. Karena untuk menghasilkan energi harus membutuhkan gerak dari tubuh.
  3. Minum obat dengan teratur. Dokter akan meresepkan obat untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Minum lah secara teratur dan pastikan obatnya habis diminum karena dokter telah memperkirakan kebutuhan obat yang harus dikonsumsi. Namun harus dipantau efek yang diakibatkan dari obat untuk gula darah tinggi karena bisa saja pada akhirnya kamu juga penderita gula darah rendah. 
  4. Melakukan terapi insulin. Peran insulin yang sangat penting dalam emngikat glkukosa dan menjadikannya energi dibutuhkan keberadaannya. Jumlah kadar insulin dapat ditambah dengan cara memberikan suntikan yang mnegandung insulin, atau melalui pena insulin, dan pompa insulin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *