Aksesoris Kamera Wajib Kamu Punya

Pertama memiliki kamera DSLR adalah harus memiliki tas kamera. Beragam pilihan dan harga tas kamera dslr di pasaran. Dari mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Begitu juga dengan bentuk, dari mulai model backpack, tas pinggang, tas sling-slide/model menyamping hingga yang menyerupai koper. Tas kamera sudah tentu berbeda dengan tas pada umumnya, sudah didesain dengan bahan khusus untuk pengaman kamera dan lensa dari benturan, bahkan sudah ada tas kamera tahan air segala. Karena harga kamera DSLR itu tidak murah, maka sebaiknya Anda rawatlah kamera tersebut. Selain merawat ada baiknya Anda juga perhatikan aksesoris penting untuk kamera DSLR yang tidak rugi jika Anda miliki. Aksesoris kamera DSLR sangat beragam pilihannya, terkadang jika kita sudah masuk ke dunia fotografi terkadang sulit untuk mengontrol prioritas. Pada artikel sebelumnya kami sudah sharing tips merawat kamera digital agar awet. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa fungsi aksesoris kamera DSLR yang kebanyakan digunakan oleh orang.  Lalu apa saja aksesoris kamera yang paling penting untuk pemilik kamera DSLR ? simak tulisan berikut ini.

Harga Dry Box/ Dry Cabinet sangat variasi, tergantung ukuran seberapa besarnya. Anda bisa membelinya di toko kamera atau toko alat rumah tangga yang besar. Masih ingat artikel tips untuk mecegah debu pada kamera digital ? nah Kit Pembersih ini berfungsi untuk membersihkan body kamera dan lensa dari kotoran/debu atau material lainnya yang menempel pada kamera. Kit Pembersih biasanya terdiri dari blower/semprotan, kain lap khusus, cairan pembersih khusus. Filter adalah aksesoris yang cukup penting untuk lensa kamera dslr. Dari beragam jenis filter kamera, ada 2 jenis filter yang layak anda pertimbangkan untuk memilikinya yaitu UV dan CPL. Berikut beberapa jenis filter lensa dan fungsinya. Lemari khusus yang sudah dirancang sedemikian rupa untung menyimpan barang-barang elektronik seperti aksesoris kamera dan lensa. Dengan Dry Box ini kita bisa mengatur kelembapan dalam ruangan penyimpanan sesuai yang diinginkan.

Tersedia beberapa pilihan aksesoris kamera filter ND di pasaran tergantung seberapa banyak penurunan intensitas yang kita mau, seperti ND2 (1 stop), ND4 (2 stop), ND8 (3 stop) hingga ND 1.000.000 (20 stop). Jika hendak melakukan pemotretan slow speed pada siang hari, filter ND merupakan perlengkapan wajib. Filter GND berfungsi seperti filter ND untuk mengurangi intensitas cahaya dengan tingkat penggelapan yang bersifat gradasi (bagian atas lebih gelap dan semakin ke bawah semakin terang). Grad-ND sangat berguna untuk memotret landscape yang melibatkan langit yang memiliki perbedaan cahaya yang cukup jauh. Tersedia filter GND dengan berbagai tingkat kepekatannya.

Fungsi filter UV adalah untuk melindungi lensa kamera dslr. Selain untuk melindungi dari partikel juga dapat melindungi dari benturan/bemper. Filter UV jadi salah satu aksesoris kamera standar yang biasanya dibeli setelah membeli kamera. Pada kebanyakan orang, filter UV akan selalu menempel di setiap lensa yang dimiliki. Fungsi filter CPL ini berguna untuk mengurangi pantulan cahaya misalnya di air dan kaca. Selain itu, bagi fotografi landscape filter CPL berfungsi untuk meningkatkan saturasi dan kontras warna. Anda suka foto landscape ? filter CPL wajib untuk Anda miliki. Filter ND berwarna abu-abu ini berguna untuk mengurangi intensitas cahaya. Filter ND bekerja layaknya mata kita saat memakai kacamata hitam saat sedang panas terik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *