3 Manfaat Udang Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal udang? Udang adalah sejenis binatang perairan yang dapat ditemukan di hampir semua air yang berukuran besar seperti air tawar, air payau maupun air asin dengan kedalaman yang bervariasi. Udang kaya akan zat gizi seperti protein dan kalsium ini tidak perlu diragukan lagi kelezatanya. Beragam olahan makanan dapat dihasilkan dengan bahan baku udang. Hasil olahan makanan tersebut seperti saus tiram, saus padang, bakwan udang, nasi goreng udang,  ca kangkung udang maupun jenis makanan lainnya. Berikut merupakan manfaat udang untuk kesehatan:

  1. Memperkuat Tulang dan Sendi

Dengan mengonsumsi udang bersama kulitnya dapat memperkuat tulang dan sendi.. Kandungan kalsium dan fosfor yang kaya pada kulit udang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, di dalam kulit udang juga memiliki kandungan glucosamine untuk membantu pembentukan tulang rawan dan masalah persendian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kulit udang juga memiliki kandungan senyawa Chondroitin yang membantu kesehatan sendi agar dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen sebagai komponen utama sendi yang membantu lubrikasi sendi serta berperan sebagai shock absorber.

 

  1. Meminimalisir Resiko Penyakit Typus

Kulit udang memiliki kandungan zat kithin yang dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai jenis mikroba patogen yang menjadi penyebab penyakit typus, seperti Salmonella enterica var. parathypi-A, Salmonella enterica var paratyphi-B serta Salmonela aenterica. Untuk itu sebaiknya tidak perlu membuang kulit udang ketika mengkonsumsinya.

 

  1. Menghambat Kanker

Mengonsumsi udang dengan kulitnya jarang dilakukan karena memberikan efek keras, konsumsi udang beserta kulitnya dapat memberikan manfaat pada tubuh untuk menghambat kanker. Hal ini dikarenakan kulit udang mengandung sulforaphane dan selenium yang sangat  bermanfaat untuk membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan selenium pada kulit udang juga memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit dan infeksi.

 

Mulai sekarang sebaiknya jika mengonsumsi udang kulitnya jangan dibuang ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *