3 Manfaat Biji Pepaya, untuk Mencegah Kanker ?

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah ini terkenal dengan kandungan serat untuk memperlancar BAB serta baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata tak hanya  daging buahnya saja yang memiliki banyak manfaat tapi biji pepaya juga memiliki banyak manfaat yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat biji papaya untuk kesehatan

  1. Memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker

Dalam biji pepaya ternyata terdapat kandungan isotiosianat, zat ini dapat menghentikan Pertumbuhan sel kanker dan tumor pada penderita kanker khususnya pada bagian usus besar, payudara, paru-paru, dan prostat. Selain itu, menurut jurnal Molecules biji pepaya mengandung antioksidan flavonoid dan fenolik dan dari hasil laporan Journal of Agricultural and Food Chemistry biji pepaya mengandung komponen imunomodulatori yang mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor.

  1. Anti-bakteri dan anti-jamur

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker dan tumor ternyata biji pepaya juga mampu membunuh bakteri berbahaya seperti E.coli, Staph, dan Salmonella serta menangkal berbagai infeksi rus. Tak heran jika biji pepaya sangat efektif untuk mencegah atau menyembuhkan pasien akibat keracunan makanan.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sama halnya seperti daging buahnya, biji papaya juga mengandung serat yang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan penceranaan sehingga mencegah terjadinya sembelit. Manfaat biji pepaya juga dapat menghindari penyakit seperti radang usus, hingga menurunkan gejala wasir. Bahkan dalam pepaya yang belum matang sekalipun terdapat enzim papain yang sangat penting untuk pencernaan protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *