Ras Kucing Paling Menggemaskan yang Harus Dipelihara

Kalau kamu penggemar kucing, pasti tahu dong, jenis-jenis kucing apa yang biasanya dipelihara? Namun ternyata tak semuanya ada di Indonesia. Mungkin kalau jenis Persia atau Angora, sepertinya sudah biasa banyak dipelihara di Indonesia.

Nah, berikut ini adalah belasan jenis ras kucing lucu dan bersahabat di dunia yang bisa jadi pilihanmu untuk memelihara kucing. Eits, meski kamu nggak suka kucing, kamu juga tetap perlu menambah wawasan soal jenis ras kucing ini lho.

1. Persia Tidak bisa dipungkiri bahwa Kucing Persia menjadi primadona di Indonesia. Kucing ini merupakan jenis kucing peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Pembawaan yang lembut dan kalem menjadi salah satu daya tarik dari kucing ini. Kucing Persia akan begitu menikmati saat dekat bersama yang punya atau beberapa orang yang disukainya.

2. Anggora Kucing Angora atau sebenarnya bernama Turkish Angora merupakan jenis kucing peliharaan terpopuler di Indonesia setelah Kucing Persia. Nama kucing ini diperoleh dari daerah asalnya yaitu Ankara, Turki yang saat itu banyak sekali yang menyebutnya dengan Angora. Angora termasuk dalam ras kucing berbulu panjang dan eksotis. Anggora adalah kucing yang lincah dan memiliki tubuh yang kuat. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing pintar dan suka bermain dengan pemiliknya atau pun orang lain.

3. Maine Coon Kucing Maine Coon merupakan kucing yang berasal dari Benua Amerika Serikat, lebih tepatnya di daerah Maine, New England. Kucing ini adalah jenis kucing peliharaan yang sangat bersahabat. Dia unik, lucu dan mudah bergaul dengan manusia ataupun hewan lain. Kucing ini akan sigap saat kamu melemparkan bola dan kucing ini akan mengambilnya untukmu. Kucing ini juga suka memanjat sehingga tidak jarang dia juga bia bermain-main di atas meja atau pun sofa.

4. Birman Kucing Birman mendapatkan namanya dari negara asalnya, yaitu Burma atau Myanmar. Kucing Birman merupakan jenis kucing peliharaan yang menyenangkan. Kucing ini cukup cerdas dan mampu beradaptasi dengan baik sehingga cocok untuk dijadikan teman orang dewasa mau pun anak-anak.

5. Ragdoll Kucing Ragdoll termasuk satu dari beberapa kucing yang berpawakan elegan. Kucing Ragdoll adalah jenis kucing peliharaan yang jinak dan cenderung lebih suka bergaul dengan pemiliknya dibanding berjelajah di lingkungan luar. Pembawaan yang santai dan posisi tubuh yang lemas ketika diberikan sentuhan pada bulu-bulunya menggambarkan betapa kucing ini menjadi manja ketika diperhatikan.

6. Exotic Shorthair Pembawaannya yang agak berhati-hati membuat adaptasi dengan orang luar menjadi lebih lama, namun setelah beberapa waktu kemudian kucing ini akan menjadi sangat akrab dan lucu. Exotic Shorthair dikenal sebagai kucing yang mempunyai kesetiaan yang sangat kuat kepada sang empunya. Jenis kucing ini sangat gemar mengikuti kemana pemiliknya pergi.

7. Scottish Fold merupakan jenis kucing unik yang memiliki penampilan berbeda dengan kucing lainnya. Jika kebanyakan kucing memiliki daun telinga yang meruncing, maka kucing ini memiliki daun telinga yang menutup. Sehingga kucing ini pun mendapatkan sebutan sebagai kucing berwajah burung hantu. Kucing ini biasanya ramah, tenang, dan bisa bersahabat dengan binatang piaraan lainnya. Mereka juga dikenal senang bermain, setia, suaranya lembut, cukup cerdas, dan mudah beradaptasi dengan situasi rumah, dan penghuninya, termasuk anak-anak.

8. Munchkin salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, Munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia.

9. Turkish Van Kucing ini adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Turki. Turkish Van pertama kali dikembangkan di Inggris. Kucing ini dijuluki sebagai “kucing perenang”, karena Turkish Van sangat suka dengan air. Ras kucing ini diberi nama “Van” karena kucing ini memiliki warna putih di bagian badan, dan warna lain di bagian kepala dan ekor.

10. Manx Kucing Manx atau biasa disebut Rumpy adalah salah satu ras kucing yang tidak memiliki ekor, atau kalaupun ada ekornya akan berukuran sangat pendek. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Berbeda dengan sifat kucing pada umumnya, Manx sangat menyukai air, mereka suka memasukkan tangannya ke dalam air atau tempat minum. Kucing ini tergolong mahal, harganya dapat mencapai Rp 10-40 juta. Namun karena faktor keunikan dan sejarahnya, Manx tetap banyak diburu oleh para kolektor kucing di seluruh dunia.

11. Bengal Kucing Bengal atau Blacan adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing American Shorthair dengan Kucing Asian Leopard. Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan dijadikan hewan peliharaan.

12. Siberia (sering disebut Moscow Semi-longhair) adalah salah satu ras kucing domestik alami yang berasal dari Siberia, di Rusia. Siberia memiliki nama lengkap kucing “Hutan Siberia”. Ras Kucing Siberia merupakan kucing bertubuh pendek dengan bulu sedang, dengan berbagai macam warna bulu. Kucing ini masih merupakan kerabat dekat ras Maine Coon dan ras Norwegian Forest.

13. American Bobtail Kucing hutan Bobtail (ekor pendek) telah ada di Amerika sejak dulu, program pengembangbiakan baru mulai berkembang sekitar akhir tahun 60-an. Ciri utama ras ini adalah ekor yang tebal dan pendek, sekitar 1/3 panjang normal ekor kucing. Seperti juga pada kucing Manx, bentuk ekor yang pendek tersebut merupakan hasil mutasi genetik.

sumber: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2460180/13-ras-kucing-paling-menggemaskan-kamu-mau-pelihara-yang-mana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *