Menilik Beberapa Kemudahan Merawatnya Dibalik Harga Aki Kering yang Mahal Agar Lebih Awet

Para pengguna kendaraan pasti paham betul apa itu aki dan fungsi penting dari komponen satu tersebut. Ya, secara sederhana aki dapat dikatakan sebagai nyawanya dari kendaraan jadi tanpa adanya aki pasti motor ataupun mobil Anda mengalami masalah bahkan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu sangat penting merawat bagian aki dalam sebuah kendaraan, entah itu aki kering ataupun basah perlu melakukan perawatan. Terlebih lagi harga aki kering yang lebih mahal pasti mereka yang menggunakan perlu merawat ekstra supaya tidak menimbulkan masalah.

Aki kering merupakan salah satu jenis aki yang akhir-akhir ini lebih dipilih oleh masyarakat sebagai pengguna kendaraan. Banyak sekali yang mengatakan jika aki yang kering itu mempunyai beberapa kelebihan seperti:

  1. Cara perawatan yang sangat mudah, hal ini sudah bisa dipikir secara logika bahwa memang kandungannya dalam aki berbeda.
  2. Bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, artinya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang secara rutin setiap bulan hanya untuk memperbaiki aki.
  3. Tahan banting atau lebih awet, ini dilihat saat aki kering motor digunakan dalam perjalanan seperti banjir ataupun yang lainnya masih sering kuat. Hal itu akan terlihat berbeda ketika Anda menggunakan aki jenis basah.
  4. Bentuk atau modelnya yang lebih ringkas, jadi simpel tidak terlalu ribet dan lainnya.

Pada dasarnya beberapa hal diatas itu tidak bisa dipercaya begitu saja tanpa diimbangi dengan perawatan yang tepat. Padahal masih ada banyak sekali orang yang lalai akan kewajibannya tersebut, secara otomatis pernyataan mengenai aki kering yang lebih awet ketika digunakan tidaklah benar. Terlepas dari mahal atau murahnya harga aki kering dipasaran, Anda sebagai pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan perawatannya secara tepat. Nah, berikut ini ada beberapa tips perawatan mudah yang dapat Anda lakukan supaya aki bertahan dalam waktu pemakaian yang lebih lama yaitu:

  1. Pemanasan kendaraan secara rutin.
    Langkah pertama adalah melakukan pemanasan kendaraan secara rutin, hal ini bisa Anda lakukan setiap pagi sebelum kendaraan digunakan. Tidak terlalu lama, minimal 5 sampai dengan 10 menit saja supaya mesin dan aki siap digunakan.
  2. Bersihkan secara rutin.
    Kedua Anda bisa membersihkan secara rutin, ini sangat penting apalagi pada bagian tersebut pasti banyak debu, kotoran bahkan kerak yang menempel. Hal ini dilakukan supaya tidak ada proses penyumbatan pada aki yang berakibat pada masalah.
  3. Kurangi beban listrik aki.
    Baik pada mobil ataupun motor sering pengguna melakukan perombakan akhirnya membuat beban aki semakin besar. Inilah yang sering terjadi dan tidak disadari oleh para pengguna kendaraan sampai dengan aki bermasalah.
  4. Kebersihan terminal aki.
    Cara perawatan selanjutnya adalah menjaga kebersihan terminal aki secara baik, ini terjadi pada bagian positif ataupun negatif. Jangan sampai aki bermasalah sehingga menimbulkan kerugian kepada Anda sebagai pengguna kendaraan seperti macet ataupun yang lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami dalam merawat aki, baik aki kering ataupun aki basah. Secara umum memang perawatan dari keduanya sama saja, hanya ada beberapa pembeda antara keduanya. Mulai dari komponen yang ada didalamnya, model aki sampai dengan harga aki kering yang lebih tinggi dari pada aki basah. Kalau ada yang menanyakan lebih awet yang mana, tentu jawabannya tergantung dari perawatan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *