Lakukan 6 Hal Ini agar Sukses Menjalankan Program Hamil

Selain persiapan mental, Anda juga harus melakukan persiapan lain jika akan memulai program hamil. Gangguan kesehatan saat hamil seperti mual, nyeri pada perut dan payudara, serta sakit kepala akan merusak suasana hati. Oleh karenanya lakukan persiapan yang matang terlebih dulu.

  1. Lakukan Kunjungan Prakonsepsi

Anda harus pergi ke bidan, dokter, atau ahli kandungan terlebih dulu untuk pemeriksaan prakonsepsi. Dalam pemeriksaan itu akan ditinjau kesehatan pribadi keluarga, kesehatan Anda, dan jenis suplemen atau obat yang harus Anda konsumsi.

Beberapa obat yang biasa Anda konsumsi bisa saja diganti jika tidak cocok untuk program hamil. Jika ada masalah kesehatan tertentu, mungkin Anda akan dirujuk ke dokter spesialis agar rencana hamil tidak ada kendala.

  1. Jangan Konsumsi Vitamin A Berlebih

Kadar vitamin A yang dikonsumsi tidak boleh lebih tinggi dari asupan konsumsi harian yang disarankan, yaitu 770mcg ARE (2.565.IU). Anda harus memastikan semua multivitamin yang Anda konsumsi tidak mengandung VitaminĀ  A. Asupan vitamin A berlebih akan meningkatkan risiko lahir cacat.

Perbanyak konsumsi asam folat saja. Dengan konsumsi 400 mcg asam folat secara rutin setidaknya selama masa kehamilan pada trimester pertama, hal ini dapat mengurangi risiko mengandung bayi cacat tabung saraf seperti spina bifida hingga 70 persen.

  1. Mengumpulkan Stok Makanan Sehat

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan bergizi sebelum program hamil. Mulailah dengan 2 cangkir buah dan 2 1/2 cangkir sayuran setiap hari. Anda juga bisa konsumsi biji-bijian, susu, dan yougurt. Sehingga lebih baik stok makanan tersebut di rumah Anda mulai dari sekarang.

  1. Batasi Konsumsi Kafein

Para ahli belum menyebutkan jumlah kafein yang dibutuhkan per hari. Namun, banyak dari mereka yang menganjurkan agar wanita dalam program untuk hamil harus menghindari konsumsi kafein dalam jumlah banyak demi menjaga kesuburan rahim. Setidaknya batas konsumsi kafein wanita dalam program kehamilan mencapai 200 miligram per hari yaitu sekitar satu cangkir kopi.

  1. Hindari Makanan yang Tidak Dipasteurisasi

Untuk menghindari infeksi calon bayi, Anda harus menghindari makanan seperti daging merah, ikan mentah, atau susu yang tidak dipasteurisasi. Jenis makanan ini dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan listeriosis, penyakit yang menyebabkan keguguran. Anda juga harus menghindari jus yang tidak dipasteurisasi karena mengandung bakteri E-coli dan salmonella.

  1. Lakukan Yoga Rutin

Seorang ibu dianjurkan tidak stres, sehingga kegiatan yoga menjadi pilihan tepat. Lakukan Yoga rutin dengan gerakan sederhana menjelang program hamil. Misalnya gerakan posisi kaki atas menempel dengan dinding, merpati ganda, butterfly, dan tiduran dengan kaki membentuk segitiga.

Jika Anda ingin segera memiliki anak, tidak ada salahnya untuk lebih rajin program hamil dan melakukan persiapan seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain suami harus memberikan semangat, Anda juga harus punya rasa semangat yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *