Apa Gestun Itu ?

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah gestun ? gestun atau gesek tunai merupakan metode yang biasanya dilakukan para penyedia jasa gesek kartu kredit untuk mendapatkan uang tunai secara cepat tanpa melalui metode tarik tunai mengunakan ATM. Sehingga Anda dapat menarik uang meski Anda tidak punya simpanan di kartu ATM Anda. Penyedia jasa gestun bisa Anda temui dengan mudah di pusat perdagangan / trade center maupun secara online. Penyedia jasa ini biasanya akan mengiklankan jasa gestun secara terang – terangan. Selain itu iklan juga penyedia jasa gestun akan muncul di situs internet yang Anda kunjungi.

Kata gestun mungkin sering Anda dengar dan banyak digemari masyarakat. Gestun adalah praktik menggesek kartu kredit ke mesin yang dimiliki oleh toko atau yang biasa Anda sebut dengan merchant untuk mendapatkan uang tunai. Praktik ini biasanya dilakukan seolah – olah Anda melakukan transaksi belanja di suatu tempat, namun sesungguhnya Anda tidak membeli atau mendapatkan barang tersebut. Tetapi mendapatkan uang bukan barang. Praktik ini sering dilakukan oleh para pemilik kartu kredit yang tidak memiliki dana cukup di rekening tabungan mereka sehingga menggunakan cara pintas seperti gestun tersebut. Jika dilihat dari saat penggunaannya biasanya pemilik kartu kredit memutuskan melakukan praktik ini karena tidak memiliki cukup uang tunai untuk memenuhi keperluan.

Praktik ini biasanya dilakukan untuk orang – orang yang mempunyai kartu kredit dan ingin mendapatkan uang tanpa harus tarik tunai. Penyedia jasa gestun harus mempunyai mesin EDC (Electronic Data Capture) , yang dapat membuat transaksi tersebut seolah – olah terjadi. Seperti membeli suatu barang kemudian pembayaran dilakukan dengan kartu kredit tetapi barang yang dimaksud disini tidak ada. Bukan barang yang akan Anda dapatkan melainkan uang yang akan Anda terima. Karena penggunaanya dengan kartu kredit maka sama saja ini adalah hutang, berhutang bukan kepada bank tetapi kepada pemilik EDC (Electronic Data Capture) atau penyedia jasa gestun. Biasanya penyedia jasa gestun akan membebani biaya kepada Anda sebagai pengguna jasa gestun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *